Komedo hitam mengganggu? Atasi dengan 7 resep alami ini

Kamis, 22 Oktober 2015 | komentar


Kenal komedo hitam, kan? Ya, komedo yang satu ini paling senang menempel di area hidung dan memunculkan bintik-bintik hitam di hidung. Sangat menggangu, bukan? Komedo muncul akibat kombinasi antara kotoran di wajah, sel-sel kulit mati dan sebum yang berlebihan.

Baca Juga : Sahabatkartu.Com Agen Poker Domino 99 Online Bandarq Terpercaya Indonesia
Warna hitam komedo bukan bukan berasal dari kotoran yang menempel di wajah, melainkan disebabkan oleh oksidasi pori-pori. Nah, jika kamu sangat terganggu dengan komedo hitam ini, kamu bisa mencoba 7 resep alami nan mudah ini.

1. Soda kue (baking soda)
Soda kue atau lebih dikenal dengan baking soda yang biasanya kamu gunakan sebagai bahan adonan kue ternyata bisa jadi penghilang komedo hitam. Baking soda berfungsi membersihkan kotoran kulit seperti sisa-sisa kotoran yang masih menempel.
Resep:
Ambil 2 sendok teh baking soda dan campur dengan air hingga berbentuk bubur kental. Pijatkan secara lembut pada area komedo. Biarkan sampai kering selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Kayu manis
Kamu pasti tidak menyangka kalau kayu manis ternyata berfungsi sebagai penghilang komedo hitam, bukan? Buktikan saja dengan mengikuti resep berikut ini.
Resep:
campurkan satu sendok teh kayu manis dengan jus lemon dan bubuk kunyit. Tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Sebagai pilihan, kamu bisa mencampurkan bubuk kayu manis dengan madu. oleskan pada wajah dan biarkan semalaman. Saat kamu bangun pagi, bilas dengan air bersih. Lakukan setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Perasan air lemon
Jus lemon memang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Tak disangka, perasan air lemon ternyata cukup efektif untuk menghilangkan komedo hitam.
Resep:
Campurkan perasan air lemon (dari setengah buah lemon) dengan beberapa tetes madu. Untuk menghilangkan sel kulit mati, kamu bisa menambahkan gula yang berfungsi sebagai scrub. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada wajah, terutama area komedo hitam. Diamkan beberapa menit sampai kering dan bilas sampai bersih.

4. Teh hijau
Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, teh hijau juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan komedo hitam. lo! Teh hijau bisa bantu kamu untuk mengurangi kelebihan minyak dan membuka pori-pori sehingga komedo hitam yang melekat erat dapat dengan mudah dihilangkan.
Resep:
Ambil satu sendok teh hijau kering dan campurkan dengan sedikit air hingga berbentuk bubur. Oleskan pada area komedo dan diamkan beberapa saat. Bilas dengan menggunakan air hangat (dapat juga menggunakan air bersih biasa).

5. Madu
Madu sangat ampuh untuk mengatasi kulit berminyak dan juga komedo hitam. Madu membantu kulit kamu mengatasi hidrasi kulit, mengencangkan pori-pori sehingga kulit terlihat lebih mulus.
Resep:
Oleskan madu pada area komedo (lebih baik lagi pada seluruh area wajah) dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

6. Kunyit
Kunyit dipercaya mampu menghilangkan noda-noda hitam di kulit, Namun, selain itu kunyit juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan komedo hitam.
Resep:
Campurkan dua sendok teh kunyit bubuk dan campurkan dengan dua sendok makan jus daun mint. Oleskan pada area komedo dan biarkan selama 30 menit . Bilas dengan air hangat (air suam-suam kuku). Sebagai alternatif, kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan bubuk cendana dan susu. Campur hingga membentuk pasta. Oleskan pada area komedo selama 10-20 menit. Bilas dengan air hangat.

7. Tepung jagung
Tepung yang biasa digunakan sebagai campuran adonan kue ini ternyata bias kamu manfaatkan untuk mengatasi komedo hitam. Tepung jagung berfungsi untuk mengatasi kotoran yang menutupi pori-pori.
Resep:
Campurkan satu atau dua sendok makan tepung jagung dengan susu pembersih wajah (milk cleanser). Sebelum mengoleskannya, gunakan uap air panas untuk membuka pori-pori. Setelah itu oleskan pada area komedo sambil kamu pijat-pijat dengan halus. Bila dengan menggunakan air bersih.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Google
Copyright © 2011. Martha Williams - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger